Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera bagi kita semuanya.

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Taufiq dan HidayahNya kepada kita semua, sehingga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor telah dapat menyusun Website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor.

Penyusunan Website ini merupakan bentuk tindak lanjut dari amanat UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Berdasar UU tersebut diatur bahwa setiap badan publik harus dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor merupakan SKPD yang mempunyai tugas pokok dan fungsi memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat dalam memperoleh dokumen adminstrasi kependudukan. Oleh karena itu berdasar UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik ( KIP ) tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor wajib memberikan informasi yang jelas dan mudah diakses oleh masyarakat terkait dengan dokumen kependudukan.

Administrasi Kependudukan merupakan rangkaian kegiatan penataan , penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.

Sedangkan dokumen kependudukan adalah dokumen resmi yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang mempunyai kekuatan hukum sebagai alat bukti autentik catatan peristiwa penting kependudukan yang dihasilkan dari Pelayanan Pendaftaran .

Menurut Undang-Undang RI Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan, dokumen kependudukan meliputi : KK, KTP dan Akte-akte Pencatatan Sipil yang terdiri dari akte kelahiran, akte kematian, akte perkawinan, akte perceraian, pengangkatan, pengesahan dan pengakuan anak. Dokumen administrasi kependudukan ini sangat penting dan dibutuhkan setiap warga masyarakat sejak dari lahir, sekolah, menikah, mencari kerja sampai meninggal dunia. Karena dokumen-dokumen tersebut menjamin kepastian hukum dan melindungi hak-hak keperdataan seseorang selaku Warga Negara Indonesia.

Tujuan penyusunan Website ini adalah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh informasi yang terkait dengan dokumen kependudukan. Website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor, memuat informasi tentang : visi-misi, tugas pokok dan fungsi, struktur organisasi, data pegawai, produk hukum daerah dan pusat yang terkait, jenis-jenis produk pelayanan, SOP Pelayanan, informasi aduan masyarakat, dll. Dengan mengakses website ini masyarakat bisa segera memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan cepat tanpa harus datang langsung ke kantor Disdukcapil Bogor.

Harapan kami dengan telah tersedianya Website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini dapat benar-benar membantu memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi yang benar tentang prosedur, tata cara dan persyaratan dalam memperoleh dokumen kependudukan. Masyarakat tidak perlu lagi datang dan pergi berulangkali untuk menanyakan berbagai bersyaratan yang harus dipenuhi, akhirnya kesalahan berkas yang selama ini masih sering terjadi bisa diminimalisir.

Kami sadar bahwa Website ini masih sangat jauh dari sempurna, baik dari isi maupun tampilannya. Ini semua karena keterbatasan yang ada pada kami. Untuk itu kami mohon saran dan masukan dari Bapak/Ibu warga masyarakat guna lebih sempurnanya kualitas website ini pada waktu yang akan datang.

Semoga Website ini bermanfaat bagi aparat pemerintah terkait dan seluruh warga masyarakat Kabupaten Bogor.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

KEPALA DINAS
KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN BOGOR,

 

Dr. R.H. Oetje Subagdja. S P
NIP. 196211091989011001

2017 © Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil