Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

aktakawinbaru

Pencatatan perkawinan bagi penduduk yang beragama Islam dilakukan oleh Kantor Urusan Agama sesuai ketentuan peraturan yang berlaku, sedangkan untuk perkawinan bagi penduduk yang bukan beragama Islam dan Penganut Kepercayaan dilakukan oleh pemuka agama menurut agama dan kepercayaannya dan dicatat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten di tempat domisili penduduk.

alur-akta

Syarat-syarat Permohonan Akta Perkawinan :

         

  1. Surat keterangan telah terjadinya perkawinan dari pemuka agama/pendeta atausurat perkawinan Penghayat Kepercayaan yang ditanda tangani oleh Pemuka Penghayat Kepercayaan;
  2. Foto copy KTP suami dan isteri dilegalisasi Kecamatan;
  3. Pas foto suami dan isteri berdampingan ukuran 4 x 6 sebanyak 4 (empat) lembar;
  4. Foto copy Kutipan Akta Kelahiran suami dan isteri;
  5. Paspor bagi suami atau isteri Orang Asing.
  6. Bagi WNI keturunan yang telah berganti nama membawa Penetapan Pengadilan;
  7. Bagi WNI yang akan melakukan perkawinan dengan Orang Asing yang bersangkutan membawa kelengkapan dokumen imigrasi, STLD dari Kepolisian dan Surat dari Kedutaan/Konsul/Perwakilan Negaranya;
  8. Kutipan Akta Perceraian atau Kutipan Akta Kematian bagi mereka yang telah cerai atau pasangannya telah meninggal;
  9. Izin dari Komandan bagi anggota TNI/POLRI;
  10. Ijin tertulis Orang Tua diatas materai Rp. 6.000,- bila calon mempelai belum berusia 21 tahun;
  11. Dispensasi Pengadilan Negeri setempat bila calon mempelai pria belum berusia 19 tahun atau wanita belum berusia 16 tahun;
  12. Dispensasi Camat apabila pemberitahuan pencatatan kurang 10 hari;
  13. Akta kelahiran anak yang akan diakui;
  14. Bagi Penduduk Luar Kabupaten Bogor agar melampirkan keterangan belum pernah dicatatkan perkawinan dari Unit kerja yang membidangi administrasi kependudukan ditempat domisilinya

Khusus bagi Orang Asing, selain membawa persyaratan sebagaimana tersebut di atas, juga membawa :

  1. Surat Keterangan dari Kedutaan Besar yang bersangkutan.
  2. Foto copy Pasport
  3. Surat Izin Tinggal Tetap/Surat Izin Tinggal Terbatas dari Imigrasi;
  4. Surat Keterangan Melapor Diri dari Kepolisian.

 

Tempat Pelayanan :

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Berdasarkan Undang Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan bahwa pelayanan administrasi kependudukan tidak dipungut retribusi

2017 © Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil