Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Orang Asing yang memiliki Izin Tinggal Terbatas, melaporkan kedatangannya di Daerah kepada Dinas untuk mendapatkan Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT).
SKTT diberikan kepada Orang Asing Tinggal Terbatas tanpa melihat persyaratan usia dan status perkawinan. Untuk penerbitan SKTT dalam satu keluarga, diterbitkan Surat Keterangan Tempat Tinggal  Per Keluarga. Masa berlaku SKTT dan SKTT Per Keluarga disesuaikan dengan masa berlakunya Izin Tinggal Terbatas.  
SKTT mencantumkan gambar Lambang Garuda Pancasila dan peta wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, memuat keterangan tentang NIK, nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, pekerjaan, kewarganegaraan, Nomor KITAS, pas foto, masa berlaku, tempat dan tanggal dikeluarkan SKTT, tandatangan dan/atau sidik jari pemegang SKTT, serta memuat nama dan nomor induk pegawai pejabat yang menandatanganinya.

Tatacara Penerbitan Surat Keterangan Tempat Tinggal
a.Orang Asing yang datang dari luar negeri, melapor kepada Dinas dengan membawa persyaratan.
b.Dinas melakukan pendaftaran dengan tata cara:

1)Orang Asing mengisi mengisi menandatangani formulir Pendaftaran Orang Asing Tinggal Terbatas dan menyerahkan persyaratan;
2)Petugas Registrasi melakukan verifikasi dan validasi data isian formulir pendaftaran dan kelengkapan persyaratan;
3)Petugas Registrasi membubuhkan tanda tangan/paraf disebelah kanan bawah pada formulir pendaftaran;
4)Kasi Administrasi Penduduk membubuhkan tanda tangan/paraf disebelah kiri tanda tangan/paraf Petugas Registrasi sebagai perintah kepada Petugas Operator untuk melakukan perekaman data dan pencetakan dokumen;
5)Petugas Operator melakukan perekaman data Orang Asing dan mencetak dokumen SKTT dan/atau SKTT Per Keluarga yang ditandatangani secara elektronik oleh Kepala Dinas;
6)Petugas Regisrasi membubuhkan stempel Dinas pada SKTT dan/atau SKTT Per Keluarga dan menyerahkan kepada penduduk/kuasanya;
7)Petugas Registrasi mengarsipkan berkas permohonan dan persyaratan serta copy SKTT dan SKTT Per Keluarga di Dinas;
8)Dinas menyampaikan copy SKTT dan/atau SKTT kepada Desa/Kelurahan melalui Kecamatan;
9)Petugas Registrasi Desa/Kelurahan mencatatan pada Buku Induk Penduduk WNA.

Syarat-syarat Permohonan Surat Keterangan Tempat Tinggal (SKTT) :

  1. Permohonan dari sponsor ( Perusahaan / Lembaga / Perorangan )
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran SKTT
  3. Fotokopi Passpor dan Visa
  4. Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITTAS)
  5. Fotokopi Surat Keterangan Lapor Diri ( STLD) dari Mabes Polri
  6. Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari Polres Bogor
  7. Fotokopi Buku Mutasi ( Buku Biru ) dari Imigrasi
  8. Fotokopi Surat Izin Tenaga Kerja Asing ( IKTA ) dari Depnakertrans ( bagi tenaga kerja )
  9. Surat Kuasa dari pemohon apabila menguasakan
  10. Pasfoto ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar

 

Tempat Pelayanan :

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

2017 © Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil