Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Bogor (30/10) Seiring dengan meningkatnya respon masyarakat yang datang langsung ke loket dinas untuk mendaftarkan akta lahir anaknya pasca pengurangan denda akta menjadi Rp.10.000,- , maka dinas memberikan pilihan baru sarana pendaftaran akta kelahiran kepada masyarakat, dengan harapan mengurangi jumlah pemohon akta kelahiran yang datang langsung ke loket kantor dinas dimana saat ini telah diujicobakan sebuah aplikasi pelayanan online administrasi kependudukan yaitu “semangat” yang berbasis web aplikasi, aplikasi ini dapat digunakan penduduk Kabupaten Bogor dengan masuk ke alamat web semangat.bogorkab.go.id, untuksaat ini aplikasi melayani pelayanan akta kelahiran.

Diharapkan dengan adanya pilihan pelayanan melalui aplikasi web ini, masyarakat tidak perlu datang berdesak - desakan ke kantor dinas untuk membuatkan askta kelahiran anak mereka, cukup dirumah melalui Handphone, Komputer atau laptop dengan menggunakan internet.

Pelaksanaan aplikasi pendaftaran akta kelahiran secara Online ini memberikan kepastian waktu penyelesaian, proses lebih sederhana dan mudah namun tidak menghilangkan aspek keamanan. (DH)



2017 © Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil