Berita Terkini
(021) 8758419
disdukcapil@bogorkab.go.id
Jalan Raya Tegar Beriman Kelurahan Pakansari Kecamatan Cibinong

Kemendagri Jamin Akurasi DAK2 dan DP4

Kemendagri Jamin Akurasi DAK2 dan DP4

Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) menjamin akurasi Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) untuk pilkada serentak Desember 2015.

 

"Akurasi data yang dikeluarkan ini sudah digunakan 52 lembaga nasional, empat diantaranya adalah lembaga perbankan yakni BNI, BRI, Mandiri dan BCA, sehingga tidak perlu diragukan lagi," kata Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Irman di sela-sela Seminar Daftar Penduduk tahun 2015 di Makassar, Senin (13/4) malam.

 

Menurut dia, pentingnya akurasi data itu karena sebagai implementasi dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada serentak pada Desember 2015.

 

Dia mengatakan, untuk mencapai target hasil Pilkada yang berkualitas dan demokratis, maka perlu ditunjang dengan data kependudukan yang akurat.

 

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, Kemdagri dalam waktu dekat mengeluarkan DAK2 dan DP4.

 

"Penyerahan DAK2 dan DP4 itu dilakukan melalui satu pintu yakni Kemdagri ke KPU pusat, selanjutnya pihak KPU Pusat mendistribusikan ke KPU provinsi dan kabupeten/kota," kata Irman.

Penyerahan DAK2 akan dilakukan pada 17 April 2015, sedangkan penyerahan DP4 dilakukan pada 3 Juni 2015. Dengan demikian masih ada waktu untuk melakukan validasi data.

 

Sementara itu, berdasarkan data Kemdagri, jumlah yang akan menggelar pilkada serentak pada Desember mencapai 269 daerah.

 

Dari jumlah tersebut, sebanyak untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, 224 daerah untuk pemilihan bupati dan wakil bupati, dan 36 daerah untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota.

Sumber: beritasatu.com