Bogor : Institut Kewarganegaraan Indonesia (IKI) bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor untuk kesekian kalinya mengadakan pelayanan keliling penerbitan akta kelahiran bagi warga di Kabupaten Bogor.

Kegiatan pelayanan keliling ini dihadiri pengurus IKI yang diwakili ketuanya, Drs KH Saifullah Mashum M.Si, didampingi peneliti utama IKI, Prasetyadji dan Swandy Sihotang serta sejumlah Relawan IKI dari Bogor

"Hal ini merupakan komitmen IKI dalam membantu warga masyarakat untuk pemenuhan dokumen kependudukannya, dan seluruh biaya denda keterlambatan yang per orang Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah) dibayar oleh IKI," ujar Prasettyadji, Senin (10/4/2017).

"IKI sudah 11 tahun ini membantu memfasilitasi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia untuk memperoleh dokumen kependudukan," imbuhnya.

Kali ini, kegiatan pemberian akta kelahiran sehari jadi dilaksanakan di MTs Sabilil Muttaqin, Jalan Ace Tabrani Km 1, Kampung Panjaungan, Desa Batu Tulis, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, dengan memproses sekitar 500 akta kelahiran.

Kasie Kelahiran Disdukcapil Kabupaten Bogor, Suparno, SH, MA mengatakan, dengan pelayanan keliling seperti ini, tidak ada lagi jasa calo-calo yang membebani masyarakat.

"Dengan adanya pelayanan ini masyarakat akan lebih efisien karerna tidak harus mengeluarkan uang transpor untuk datang ke kantor Disdukcapil di Cibinong," terangnya.

Menurut dia, dengan memiliki dokumen kependudukan, akta kelahiran, KTP dan KK, masyarakat dapat memperoleh berbagai fasilitas, seperti untuk mengurus BPJS, KIS, untuk sekolah, bekerja, mengurus warisan, dan berbagai keperluan lainnya. 

Ketua Institut Kewarganegaraan Indonesia, KH Saifullah Ma’shum, mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap bisa pelayanan seperti ini bisa diterapkan di daerah-daerah lain di wilayah Kabupaten Bogor.