Raih Pelayanan Terbaik e-KTP, Kabupaten Bogor Dihadiahi Minibus

Karena dinilai sebagai pemberi layanan terbaik e-KTP untuk wilayah Indonesia bagian barat pada tahun 2012, Kabupaten Bogor pun mendapatkan penghargaan berupa 1 unit minibus yang diterima langsung oleh Bupati Bogor Rachmat Yasin.

Penyerahan minibus secara simbolis dilakukan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi kepada kepala daerah (gubernur, bupati dan walikota) se – Indonesia peraih penghargaan serupa dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Persiapan Penyerahan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari  Mendagri di Ballroom Hotel Sahid, Jakarta, Selasa 29 Januari 2013.

Dalam sambutannya ketua tim penilai dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr. Sukrisno mengatakan, penghargaan tersebut diberikan berdasarkan Surat Keputusan Mendagri nomor 471.13/70 tahun 2013 tentang penetapan kabupaten/kota terbaik dalam pelaksanaan pelayanan e-KTP massal. Hal inilah yang menjadi dasar Tim penilai kabupaten/kota terbaik 1, 2, dan 3 untuk Indonesia bagian barat, tengah, dan timur di 300 kabupaten/kota.

kabupaten/kota yang memperoleh penghargaan adalah kabupaten/kota yang terbaik dalam jumlah pelaksanaan pelayanan e-KTP kepada masyarakat setiap harinya. Sementara itu, Kabupaten Bogor sendiri menduduki urutan pertama setelah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, dan Kota Semarang, Jawa Tengah. Adapun Berdasarkan data yang diperoleh, urutan peringkat 10 besar Kabupaten / Kota perekaman e-KTP tertinggi tahun 2012 dari 300 kab/kota antara lain Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, Kabupaten Malang, Kota Bandung, Kota Jember, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Banyumas.

Selain itu dijelaskan karena angka perekaman e-KTP nya sangat tinggi sehingga mengalahkan 300 Kabupaten dan Kota se-Indonesia, Kabupaten Bogor akhirnya meraih penghargaandari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk kategori perekaman e-KTP tertinggi Tahun 2012.

(DH)